BPMPT Kubu Raya Terus Tingkatkan Pelayanan

Terapkan Empat Pola Pelayanan Terbaru
Sungai Raya -- Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kubu Raya terus membuat gebrakan. Tahun 2011, peningkatan kualitas pelayanan terpadu satu atap (pintu) terus ditingkatkan. Empat pola pelayanan baru akan diterapkan secepatnya.

Plt. Kepala BPMPT Kubu Raya, Maria Agustina mengatakan pelayanan pertama adalah berupa rekomendasi survey lapangan bagi pelayanan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan pelayanan pembuatan Surat Izin Gangguan (UUG/HO) katanya kemarin. Menurut Maria, proses perizinan SITU atau UUG/HO akan disatukan. Pasalnya kedua izin ini saling terkait antara satu dengan lain. "Saling berhubunganlah", ungkapnya.

Pola pelayanan berikut berupa survey Izin mendirikan Bangunan (IMB) perumahan atau pemukiman akan dikoordinir BPMPT. Hanya saja kajian teknis tetap menjadi wewenang penuh SKPD teknis yang menangani. Misalnya saja, Bappeda, Badan Lingkungan Hidup dan lainnya. "Hanya saja ketika proses pelaksanaan pengecekan di lapangan, kita bakalan turun bersama-sama. Tak ada lagi masing-masing SKPD melakukan pengecekan secara sendiri-sendiri," terang dia.

Maria menambahkan dengan pola tersebut, ia optimis apa yang diterapkan pada tahun 2011 mendatang akan menghemat waktu. "Itu yang kita fokuskan nantinya," ungkapnya.

Untuk pola ketiga, sambungnya, adalah berupa perda tower. BPMPT Kubu Raya masih menunggu Perda dan Perbup tentang Tower yang saat ini sudah dibahas secara mendetail persyaratan dan lain. "Kami tinggal memberikan pelayanan perizinannya," tukasnya.

Sementara itu, pola pelayanan lainnya berupa mekanisme penandatangan SKRD. Pada tahun lalu pola diterapkan belum rampung dan belum ditandatangani bendahara penerima dan kepala SKPD. Namun sekarang hal itu sudah rampung. Tinggal meningkatkan kepercayaan bagi pemohon membayar ke negara terkait biaya perizinan yang diterapkan. "Keempat pola ini yang akankami terapkan pada tahun 2011. Mudah-mudahan tidak ada halangan," tukas dia. (den)

Sumber: PontianakPost, 12/01/2011

2 komentar:

  1. SALUUT DG BUPATI KKR, BPK MUDA MAHENDRWAN, SH, SEWAKTU KULIAH DULU (SEMA FH) SUDAH MAHIR ME MANAGE ORGANISASI, DAN SEKARANG MESKI KKR USIA MUDA, NAMUN SUDAH PROGRES PERKEMBANGANNYA, KHUSUSNYA PENATAAN PERIJINAN....

    BalasHapus
  2. Harusnya blog ini di beliin domain www.bpmptkkr.com aja....atw ".go.id" biar mantep..hostingan tetep pake blogger....

    BalasHapus