Kabupaten Expo 2010 di JCC; Kubu Raya Promosikan Produk Unggulan

Jakarta -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya terus gencar mempromosikan dan memperkenalkan diri. Salah satunya dengan turut menjadi peserta Pameran Kabupaten Expo 2010 yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta, Kamis - Minggu (8-11/7).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) setiap tahunnya ini dibuka langsung oleh Mendagri Gamawan Fauzi. Hadir pula Wakil Menteri Perindustrian, ketua Apkasi Soejono yang menjabat Bupati Pacitan, dan lebih kurang 98 bupati dari berbagai kabupaten se-Indonesia.
Sementara perwakilan Kalbar yang turut serta dalam expo ini, diantaranya Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Bengkayang, Landak, Sambas, Sanggau, Ketapang, Kayong Utara dan Melawi.

Kubu Raya yang mendapat stand ukuran 3x4 meter menampilkan produk-produk unggulan. Mulai dari sektor pertanian, kerajinan tangan, makanan khas, potensi perkebunan, perikanan budi daya dan tangkap, potensi peternakan sapi dan unggas, obyek wisata dan sebagainya, yang diproduksi oleh masyarakat Kubu Raya, baik usaha-usaha perorangan maupun melalui usaha kelompok masyarakat.

Pembukaan pameran ini dihadiri langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan SH didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya Rosalina dan beberapa kepala dinas terkait.

Mendagri didampingi istri berkesempatan meninjau langsung Stand Expo Kubu Raya, Kunjungan pertama Mendagri ke stand-stand peserta expo ini langsung disambut Bupati Kubu Raya beserta jajarannya. Muda pun menjelaskan beberapa produk unggulan dan potensi SDA, serta kebijakan program terobosan dan inovatif Kabupaten Kubu Raya yang berusia tiga tahun.

Bupati Muda yang diwakili juga Korwil Apkasi Kalbar ini sempat berkomunikasi secara singkat dengan Mendagri mengenai Palayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang telah berjalan selama dua bulan. PTSP disadari menjadi salah satu faktor strategis yang dibutuhkan agar memberi kemudahan, percepatan dan kepastian hukum pelayanan perizinan-perizinan bagi pelaku usaha dan dapat merangsang investasi yang akan menanamkan modalnya.

Saat menyampaikan pidato pembukaan expo, Mendagri sempat menyentil tentang PTSP yang mana belum seluruh Kabupaten/Kota menjalankannya, "Alhamdulillah pak menteri, PTSP di tempat kami sudah berjalan dua bulan," tegas Muda didampingi Plt Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Maria Agustina M.Si dan disambut apresiasi positif  oleh Mendagri.

Kabupaten Expo ini juga diisi dengan Kobex Investment Day, yang merupakan forum untuk langsung mempromosikan sebagai business match antara pemerintah daerah, pengusaha dan buyer untuk menjajaki peluang kerjasama dalam bisnis perdagangan dan investasi. (oen)

Sumber: Equator, jumat 9 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar