Latar Belakang
Implikasi dari reformasi politik dalam penyelenggaraan pemerintahan setidaknya mencakup dua hal : pertama, reformasi birokrasi pemerintahan untuk menuju kehidupan politik yang lebih demokratis dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pemerintahan terutama yang berhubungan dengan kepentingan publik. Kedua, tuntutan untuk mewujudkan good governance dengan prinsip-prinsip accountability, transparancy, participation, responsiveness.
Dasar Hukum
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan kegiatan survey IKM bermaksud untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilaksanakan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Kubu Raya.
Sedangkan tujuannya adalah :
1) Untuk memperoleh gambaran secara obyektif mengenai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan dan non perizinan di Kabupaten Kubu Raya.
2) Untuk mengetahui dimensi mutu pelayanan yang harus ditingkatkan terkait dengan 14 unsur pelayanan yang diukur.
Hasil Survey IKM
1. Pengukuran Dan Analisis Terhadap 14 Unsur Pelayanan
berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 terdapat 14 (empat belas) unsur indikator untuk mengukur penyelenggaraan pelayanan. Hasil perhitungan sebagaimana terlampir.
Untuk mengetahui IKM terlebih dahulu diketahui : 1). NRRT Per Unsur; 2). Menjumlahkan NRRT 14 unsur; 3). Jumlah NRRT 24 unsur x Konstanta (0,071).
Untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) terhadap pelayanan di BPMPT ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Mengetahui Nilai Rata-rata Tertimbang Per Unsur Pelayanan. Hal tersebut dapat menggunakan rumus
Nilai Rata-rata Tertimbang Per Unsur Pelayanan = Nilai Rata-rata x 0,071 |
Dimana : NRR = Nilai Rata-rata Unsur Pelayanan telah diulas sebelumnya;
0,071 = Nilai Tertimbang (diperoleh dari 1/14), dimana 14 merupakan jumlah unsur pelayanan.
Contoh Perhitungan :
1) Unsur Pelayanan 1 (U1) pada Unit Pelayanan Perizinan di BPMPT Kab.Kubu Raya;
NRR Tertimbang Per Unsur Pelayanan 1 (U1) = NRR U1 x 0,071
= 3,120 x 0,071 = 0,222.
Jadi, NRR Tertimbang Unsur Pelayanan 1 (U1) adalah 0,222.
2) Unsur Pelayanan 2 (U2) pada Unit Pelayanan Perizinan di BPMPT Kab.Kubu Raya;
NRR Tertimbang Per Unsur Pelayanan 1 (U1) = NRR U1 x 0,071
= 3,133 x 0,071 = 0,222.
Jadi, NRR Tertimbang Unsur Pelayanan 1 (U1) adalah 0,222, dst hingga unsur ke 14
Berdasarkan perhitungan tersebut, diperoleh hasil NRR Tertimbang terhadap 14 unsur pelayanan :
NRRT U1
|
NRRT U2
|
NRRT U3
|
NRRT U4
|
NRRT U5
|
NRRT U6
|
NRRT U7
|
NRRT U8
|
NRRT U9
|
NRRT U10
|
NRRT U11
|
NRRT U12
|
NRRT U13
|
NRRT U14
|
0.222 | 0.222 | 0.236 | 0.229 | 0.232 | 0.236 | 0.216 | 0.223 | 0.238 | 0.227 | 0.231 | 0.226 | 0.237 | 0.234 |
2. Setelah nilai rata-rata tertimbang unsur pelayanan diketahui, kemudian masing-masing unsur pelayanan tersebut dijumlahkan. Formula yang dapat dibentuk adalah:
Nilai IRT Un = ∑ NRRT Un
= NRRT U1 + NRRT U2 + NRRT U3 + NRRT U4 + NRRT U5 + NRRT U6 + NRRT U7 + NRRT U8 + NRRT U9 + NRRT U10 + NRRT U11 + NRRT U12 + NRRT U13 + NRRT U14.
= 0,222 + 0,222 + 0,236 + 0,229 + 0,232 + 0,236 + 0,216 + 0,223 + 0,238 + 0,227 + 0,231 + 0,226 + 0,237 + 0,234.
= 3,210.
Jadi, Indeks Responden Tertimbang Unsur Pelayanan (IRT Un) adalah 3,210.
3. Kemudian, untuk mengetahui Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan Pelayanan di BPMPT Kabupaten Kubu Raya, menggunakan formula :
IKM Unit Pelayanan = IRT Un x Nilai Dasar
= 3,210 x 25 = 80,242.
= 3,210 x 25 = 80,242.
Jadi, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Unit Pelayanan Perizinan pada BPMPT Kabupaten Kubu Raya Triwulan I adalah sebesar 80,242 berada pada rentang Nilai antara 62,51 – 81,25 dengan kualitas pelayanan bernilai B dalam dikategorikan BAIK.
4. Tampilan Penilaian dalam bentuk grafik terhadap nilai 14 unsur pelayanan :
Grafik Nilai 14 Unsur Pelayanan Pada BPMPT Kabupaten Kubu Raya |
Keterangan :
Warna (merah) = Berada antara 2,51 – 3,250 (BAIK)
Warna (biru) = Berada antara 2,256 – 4,00 ( SANGAT BAIK)
Kesimpulan
Dari analisis kuantitatif terhadap data primer yang diperoleh dari kuesioner maka disimpulkan bahwa :
1) IKM terhadap pelayanan di BPMPT adalah sebesar 80,242. Indeks tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada BPMPT dalam kategori BAIK (B) dalam arti dapat memuaskan masyarakat.
2) Dari 14 (empat belas) unsur pelayanan yang diukur semuanya unsur menunjukkan kategori BAIK bahkan terdapat 2 (dua) unsur pelayanan yang mempunyai kategori SANGAT BAIK, yakni Unsur Kesopanan dan Keramahan Petugas (U9) dengan nilai rata-rata 3,353, dan Unsur Kenyamanan Lingkungan (U13) dengan nilai rata-rata 3,340.
Saran Rekomendasi
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat, disarankan agar :
Strategi yang dapat dilakukan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kubu Raya dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yakni :
Strategi Defensif dengan fokus pada upaya mempertahankan kinerja pelayanan yang sudah ditunjukkan serta terus meningkatan mutu pelayanan di masa yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar